×

Review Asus Zenfone 2 ZE551ML

\\ \\ No comments
Setelah sukses dengan Zenfone generasi pertamanya di Indonesia, Asus kembali merilis Zenfone 2 di Indonesia. Lebih hebat dari generasi sebelumnya, Zenfone 2 hadir dengan kemampuan yang lebih hebat.

Kali ini kami akan membahas Zenfone 2 ZE551ML dengan RAM 2 GB dan penyimpanan internal 16 GB.

Apa saja keunggulan ponsel ini? Mari kita bahas satu-persatu.


Boks dan Perlengkapan

Asus Zenfone 2 memiliki boks dengan desain yang tak jauh berbeda dengan Zenfone generasi sebelumnya. Dibagian samping kanan boks terdapat spesifikasi, seperti konektifitas 4G, bluetooth 4.0, kamera dan lain-lain.

Di dalam boks, selain perangkat Zenfone 2 itu sendiri, ada juga kartu garansi, buku panduan, kabel USB, adapter. Sementara untuk headset pihak Asus tidak menyertakannya.


Desain

Asus melangkah lebih lanjut untuk mengembangkan performa dan desain perangkat buatannya dengan Zen Spirit yang mengambarkan keseimbangan antara keindahan dan kekuatan.

Masih seperti pendahulunya, Zenfone 2 mempunyai tiga softkey button yang terletak dibagian depan bawah smartphone. Untuk dibagian depan atas terdapat kamera depan dan beberapa sensor-sensor yang ditanamkan pihak Asus.

Untuk tombol power, kini diletakan dibagian atas smartphone dan disampingnya terdapat port audio 3,5mm untuk earphone. Selain itu bagian atas ponsel ini terdapat audio input untuk noise cancellation, ini berguna untuk anda yang sedang melakukan panggilan telepon dalam keadaan lingkungan sekitar bising.

Di bagian belakang Zenfone 2 terdapat kamera beresolusi 13MP, dual Flash LED, tombol volume, dan speaker audio.

Zenfone 2 memiliki ergonomic arc design, dimana bagian belakang dibuat melengkung agar sesuai dengan kontur telapak tangan manusia. Dengan desain seperti ini sudah pasti Zenfone 5 sangat nyaman digenggam walaupun memiliki ukuran yang agak lebar.

Tidak seperti produk lain, walaupun Zenfone 2 memiliki layar seluas 5.5 inch , dimensi ponsel ini tidak terlihat terlalu bongsor.

Dari sisi material, cover belakang Zenfone 2 menggunakan bahan plastik dengan metalic hairline finish. Itu membuat Zenfone 2 menawarkan kesan metal yang premium.

Jika cover dibuka, akan terlihat baterai LiPo 3000mAh yang tidak dapat dilepas, slot kartu SIM 1 dan 2, dan slot SD Card.


Kinerja
Ingat! Kali ini kita membahas Asus Zenfone 2 ZE551ML dengan RAM 2 GB dan Internal 16 GB. Spesifikasinya bisa anda baca disini.

Setelah kami mencoba ponsel ini dalam beberapa hari, kami akui performa Zenfone 2 memang bisa dihandalkan. Berkat dukungan prosesor Intel Z3560 berkecepatan 1,8 GHz Zenfone 2 sangat lancar untuk berselancar di dunia maya, bermain game, dan memutar video Full HD,

Lalu bagaimana cara kami membuktikan bahwa Zenfone 2 memang benar-benar berkinerja handal?

Pertama kami mengujinya menggunakan aplikasi benchmark dari AnTuTu, setelah mengujinya kami mendapati skor 40308.

Kedua kami menguji untuk bermain game berat GTA Sand Andreas dan Real Racing 3. Kami bisa bermain game tersebut dengan lancar tanpa adanya lag sedikit pun. Ini semua berkat hadirnya chip grafis PowerVR Rogue G6430 di ponsel ini.



Fitur
Asus Zenfone 2 menggunakan antar muka ZenUI. ZenUI sendiri merupakan OS Android yang mengalami lebih dari 1000 modifikasi oleh Asus. Untuk ZenUI sendiri, fiturnya bisa dibilang cukup banyak.

Beralih dari segi antar muka, Zenfone 2 memiliki fitur double tap to wake, one hand mode, dan masih banyak yang lainnya. Fitur lain yang menarik adalah Asus PC Link dan Remote Link.

Dengan PC Link pengguna bisa menampilkan apapun yang ada pada layar ponsel Zenfone mereka. Untuk menggunakan fitur ini pengguna harus menginstal PC Link di PC mereka, kemudian menghubungkannya melalui USB atau WiFi.

Berbeda dengan PC Link, Remote  Link berguna untuk mengontrol PC melalui perangkat Zenfone. Untuk bisa menggunakan fitur ini pengguna harus menginstal Remote Link dan menyambungkannya melalui Bluetooth atau WiFi.


Hasil Kamera
Asus Zenfone 2 berbekal teknologi kamera yang lebih baru, yaitu PixelMaster Camera 2.0. PixelMaster sendiri adalah sistem imaging yang dikembangkan dengan mengombinasikan algoritma khusus, hardware, optik untuk menghasilkan foto yang berkualitas.

Zenfone 2 dilengkapi dengan dual tone flash untuk menghasilkan warna yang lebih alami pada gambar. Kamera depannya juga mendukung mode low light mode dan zero shutter lag.

Ada 4 mode baru yang ditanamkan di Zenfone 2, yakni Manual Mode, Resolusi Super, dan Time Lapse. Dengan Mode Manual pengguna bisa merasakan sensasi memotret dengan kamera DSLR kelas atas. Kemudian untuk Mode Resolusi Super memanfaatkan tehnik khusus mengombinasikan 4 foto 13 MP yang dijadikan gambar dengan kualitas tinggi, dengan Mode ini hasil jepretan bagaikan diambil menggunkana kamera 52 MP.
Hasil Kamera Zenfone 2 Mode Kedalaman Bidang

Hasil Kamera Zenfone 2 Mode HDR

Hasil Kamera Zenfone 2 Dalam Ruangan dengan Flash

Hasil Kamera Zenfone 2 Dalam Ruangan tanpa Flash

Hasil Kamera Zenfone 2 Mode Auto

Baterai

Zenfone 2 memiliki baterai Li-Po dengan kapasitas 3000 mAh. Kapasitas sebesar 3000 mAh terbilang kecil jika dipadukan dengan ponsel dengan layar 5,5 inch. Namun berkat prosesor Intel terbaru, penggunaan daya pada ponsel ini terbilang lebih efisien. Kami sudah membuktikannya, penggunaan baterai pada Zenfone 2 memang lebih irit jika di bandingkan dengan Zenfone sebelumnya.

Selain itu Zenfone 2 memiliki fitur Asus BoostMaster Technology yang diklaim bisa mengisi baterai kosong menjadi 60% dalam 39 menit. Namun nampaknya fitur ini hanya ada di Zenfone 2 ZE551ML dengan RAM 4 GB, pasalnya kami mencoba mengisi daya ponsel ini namun waktu pengisiannya terbilang sama saja dengan ponsel Android lainnya.


Kesimpulan
Dari bahasan diatas, bisa kita simpulkan Asus Zenfone 2 memiliki desain dan kinerja wah namun dengan harga yang tergolong murah.

Fitur baru yang kami sukai adalah fitur Double Tap to Wake, One Hand Mode, Resolusi Super pada kamera, dan dual tone flash pada kamera.

Dan ini yang harus kami katakan, "kalau Zenfone 2 pakai RAM 2 GB & prosesor 1,8 GHz aja begini performanya, apalagi yang pakai RAM 4 GB & prosesor 2,3 GHz."
Related News
Comments