×

BBM Cari Duit Tapi Tetap Bersih dari Gangguan Iklan

\\ \\ No comments

Dengan dibukanya akses BlackBerry Messenger (BBM) lintas platform ke iOS, Android, dan terakhir Windows Phone, pangsa pasar instant messaging jagoan BlackBerry ini tentu semakin luas dan membuka peluang besar untuk monetisasi. 

Namun seperti iPEDIA kutip dari  dan detikINET kutip dari blog vendor asal Kanada tersebut, Rabu (12/3/2014), BlackBerry menegaskan bahwa layanan BBM akan tetap bersih dari gangguan iklan.

Memang, lewat layanan BBM Channel, BlackBerry akan membuka ruang kerjasama dengan para pengiklan, tetapi untuk konten yang dikirimkan tak akan berdampak kepada percakapan melalui BBM.

Dijelaskan, ada tiga cara untuk mempromosikan konten dari BBM Channel di BBM yakni melalui Featured Placements, Sponsored Invites, Sponsored Post. 

Fitus Sponsored invites memungkinkan pengiklan untuk mengajak pengguna BBM masuk ke dalam lingkarannya, namun jika pengguna menolak, tak akan ada lagi permintaan untuk bergabung selanjutnya.

BlackBerry juga menjamin privasi dari pengguna dengan membatasi jumlah invitasi dari sponsor ke pengguna setiap bulannya.

BlackBerry juga akan memberikan ruang bagi para pengiklan untuk masuk ke dalam update feed kala pengguna BBM tergabung dalam BBM Channel pengiklan. Sebelumnya, BlackBerry juga mengumumkan akan menjual sticker bagi pengguna BBM layaknya Kakao Talk dan Line.

Selama ini, fitur sticker identik dengan Line atau Kakao Talk dalam memonetisasi aplikasi miliknya.

Dalam blog BlackBerry ini disebutkan, sejumlah sticker akan segera tersedia di BBM Shop. Rencananya, sticker ini nanti bakal bisa di-download dalam paket yang berisi beberapa sticker sekaligus lewat toko BBM Shop yang bisa dikunjungi langsung dari BBM.

Setiap paket akan berisi sekitar 20-25 sticker, sesuai dengan tema atau karakter kartun yang dibuat oleh BlackBerry, seperti CosCat, Gilbert's Tales, Bubble Bot, dan lain-lain.

Sejumlah karakter dari TV dan film juga dijanjikan bakal muncul dalam bentuk sticker di BBM, bersama dengan rangkaian emoticon favorit pengguna.

BlackBerry sendiri telah melakukan update untuk layanan BBM versi 2.0 untuk platform Android dan iOS, dan tak lama lagi akan hadir di Windows Phone. 

BlackBerry juga membuat pengguna BBM bisa menambah teman tanpa harus menggunakan PIN. Setelah itu ada fitur Voice Calls, BBM Channels, serta Location Sharing. Fitur-fitur tersebut sebelumnya telah lebih dulu hadir di BlackBerry 10.
Related News
Comments