Smartfren terbilang sukses menjadi operator telekomunikasi yang memasarkan perangkat pinter berbasis Android.
Dalam media trip yang dilakukan di Seminyak, Bali, Head of Smartphone PT Smartfren Telecom Sukaca Purwokardjono mengatakan tingkat aktivasi perangkat mereka di kuartal ke-4 2013 mencapai 600 ribu lebih.
Angka itu menurutnya menempatkan Smartfren pada posisi kedua perangkat paling populer di Indonesia. Di bawah Samsung, yang masih merajai pasar, dan melampaui BlackBerry.
Sepanjang 2013, Smartfren pun disebut telah mencatatakan penjualan lebih dari 1,2 juta unit ponsel seri Andromax. Pencapaian yang menarik mengingat pada dasarnya Smartfren merupakan operator telekomunikasi dan bukan produsen handset.
Sukaca mengatakan, popularitas Andromax bahkan telah mengundang peminat dari luar Indonesia. "Kami dihubungi oleh pihak-pihak di luar negeri yang menawarkan untuk menjual Andromax di sana," ujar Sukaca.
Menurutnya, tentu saja hal itu tidak langsung ditanggapi oleh Smartfren. Meskipun sebuah peluang bisnis, tetap saja inti dari perusahaan tersebut adalah menyediakan layanan telekomunikasi.
Sukaca mengatakan pihaknya tidak menutup kemungkinan adanya ekspansi bisnis ke luar negeri. Namun hal itu butuh kajian yang panjang.
Memasuki 2014, Smartfren mengatakan akan lebih menguatkan upaya mereka di smartphone. Ada enam lini utama Andromax yang akan jadi andalan
Comments