×

HTC M8 vs Samsung Galaxy S5

\\ \\ No comments
Dikutip dari detikINET - Satu lagi smartphone Android kelas atas yang diluncurkan. Adalah HTC M8 yang merupakan penerus HTC One siap menggebrak pasar, termasuk menantang Samsung Galaxy S5.

"Kami tidak memberikan gimmick. Kami ingin memberikan pengalaman terbaik yang sesungguhnya," sesumbar CEO HTC Peter Chou, saat memperkenalkan HTC M8, di New York.

Secara kualitas bahan, memang HTC M8 tak tampil murahan dengan mengusung plastik. Namun, bukan berarti smartphone ini sudah pasti bakal jadi yang terbaik.

Berikut komparasi antara HTC M8 dengan smartphone premium lainnya, yakni Samsung Galaxy S5.

1. Desain

http://images.detik.com/content/2014/03/26/317/111230_htcm83300.jpg
Secara desain, HTC One M8 sedikit lebih besar dari pendahulunya, HTC One, untuk mengakomodasi baterai yang lebih besar dengan layar melebar dari 4,7 inch menjadi 5 inch.

Perubahan lainnya, tombol dedicated home, menu dan back juga tak ada. Semua fungsi itu kini diakses di dalam layar.

Hal yang nyaris serupa juga terjadi di Samsung Galaxy S5. Namun bedanya, Samsung memberikan layar Galaxy S5 seluas 5.1 inch. Ini artinya, Galaxy S5 lebih luas 0,1 inch dibandingkan HTC M8.

Soal bahan yang dipakai, tentu saja HTC M8 masih memberikan keunggulan dibandingkan dengan Galaxy S5. Karena smartphone asal Taiwan ini menggunakan alumunium yang terlihat lebih premium dibandingkan dengan Galaxy S5, yang berbahan plastik.

Bila ukuran layar tak berbeda jauh, soal kualitas HTC M8 mungkin sedikit ngos-ngosan. Pasalnya, HTC menggunakan Super LCD 3 untuk menyelimuti resolusi 1920x1080 di ponsel terbarunya.

Bandingkan dengan Samsung Galaxy S5, yang dianugerahi Super AMOLED dengan resolusi yang sama dengan HTC M8, akan tetapi dengan kepadatan pixel 415 ppi.

Satu lagi kelebihan Samsung Galaxy S5 dibandingkan dengan HTC M8 adalah kemampuan ponsel itu yang bisa diajak basah-basahan. Ya, HTC M8 belum masuk kategori ponsel anti air.

2. 'Otak'

http://images.detik.com/content/2014/03/26/317/111554_gs51.jpg
Bagi sebagaian kecil orang, prosesor adalah salah satu organ penting dalam tubuh smartphone Android. Lalu bagaimana dengan kedua smartphone ini?

Dimulai dari HTC M8, ponsel ini disokong dengan 'otak' Snapdragon 801 Quad Core dengan dapur pacu 2.3 GHz. Walau tadinya dikabarkan bakal menggunakan Snapdragon 805, nyatanya HTC M8 merupakan yang tercepat untuk saat ini.

Klaim ini boleh dibuktikan bila dibandingkan dengan  jeroaan yang dipunyai oleh Galaxy S5. Ponsel andalan Samsung ini memilih untuk menggunakan Snapdragon 800 yang di dalamnya terdapat prosesor dengan nama sandi Krait 4 inti 2,5 GHz.

Bila prosesor berbeda, maka soal RAM keduanya kompak masih setia menggunakan dengan 2 GB.

Akan menarik nantinya bila menguji dengan aplikasi benchmark untuk mengetahui siapa yang paling kuat.

3. Kamera

http://images.detik.com/content/2014/03/26/317/111926_htcm87.jpg
Semakin hari, vendor smartphone tak bisa lagi mengabaikan fungsi kamera di dalam handset miliknya. Ini pula yang terjadi di HTC M8 dan Samsung Galaxy S5.

HTC M8 masih setia menggunakan teknologi ultrapixel untuk fitur kameranya. Pun demikian dengan ‘satuan’ resolusinya, nyaris sama hanya naik sedikit dibandingkan sang kakak, yang kini menjadi 4.1 Ultrapixel.

Boleh diadu dengan Samsung Galaxy S5 yang juga menggunakan resolusi besar yakni sebesar 13 megapixel. Memang tidak berubah dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Digosipkan bahwa HTC M8 akan mempunyai Duo Camera. Hal tersebut memang terbukti benar, namun perlu diluruskan mengenai fungsinya. Karena menurut penjelasan, kamera kecil di bawah kamera belakang ini berfungsi sebagai fokus tambahan.

Maksudnya adalah setelah foto dijepret, pengguna masih bisa menentukan mana fokus mana yang diinginkan.

Sebetulnya fitur yang serupa juga dimiliki oleh Samsung Galaxy S5. Tapi ponsel ini menggunakan nama fitur Selective Focus.

Masalah kamera, boleh dibilang keduanya mempunyai kekuatan yang nyaris seimbang.

4. Software

http://images.detik.com/content/2014/03/26/317/112216_htcm89.jpg
Baik HTC M8 maupun Samsung Galaxy S5 sudah menggunakan sistem operasi Android yang terbaru. Tapi bukan itu saja yang membuat keduanya keren, yakni antarmuka tambahan hasil kreasi sendiri.

HTC M8 mempunyai HTC Sense baru yang memanfaatkan tweak dari Android 4.4 Kitkat. Sehingga mempunyai tampilan antarmuka yang lebih transparan, dengan warna lebih natural serta jenis font yang baru.

Sementara TouchWiz milik Samsung juga mengambil keuntungan dari fitur menu transparan dari Android KitKat. Sehingga membuat smartphone ini pun terlihat menarik.

Sehingga pada akhirnya, masalah selera akan yang paling menentukan saat memilih di antara keduanya.

5. Fitur

http://images.detik.com/content/2014/03/26/317/112339_gs55.jpg
Sebagai ponsel baru, jelas Galaxy S5 dilengkapi dengan fitur yang semakin kaya. Bukan sekadar fitur penggembira seperti Air View, Air Gesture, Smart Scroll dan lainnya yang terlihat keren, tapi juga beberapa fitur baru yang berguna.

Pemindai sidik jari misalnya. Fungsi ini bisa dipakai untuk menjaga kerahasiaan dokumen atau bisa untuk membuka aplikasi khusus.

Kemudian ada fitur yang bisa menggabungkan kecepatan WiFi dan 4G agar proses download kian cepat.

Tak kalah hebat, HTC One M8, juga punya fitur yang mereka sebut 'indera keenam'.

Salah satu khas ponsel HTC adalah dengan hadirnya user interface bernama Sense, dan M8 ini sudah menggunakan generasi keenam antarmuka tersebut, atau yang akan kenal sebagai Sixth Sense.

Dimulai dengan aplikasi bernama BlinkFeed. Fitur tersebut kini telah ditingkatkan berkat konten yang semakin kaya, hingga kini setidaknya ada 1.000 rekanan konten dengan pengguna aktif mencapai 5,7 juta pengguna.

Kemudian kualitas suara juga semakin baik melalui fitur BoomSound. Fitur ini memiliki chip khusus untuk mereduksi suara bising, dan bisa mengeluarkan detail lebih banyak dari generasi sebelumnya.

HTC M8 ini mampu bertahan hingga dua pekan. Bahkan saat baterai tersisa 15%, pengguna masih bisa memakainya hingga 15 jam ke depan berkat fitur 'saver mode'. Hal yang serupa juga dimiliki oleh Samsung Galaxy S5.
Related News
Comments